Thursday, March 25, 2010

DR. Jen ZA Hans, doktor lulusan Amerika yang mengajar di Magister Manajemen STIE IPWIJA Jakarta bulan ini memang memberi tugas cukup banyak bagi mahasiswa S2-nya. Di saat yang bersamaan, kantor saya memberi tugas agar saya sering mampir ke Polres Cilegon karena ada sebuah peristiwa yang harus update beritanya kepada Direksi. Alhasil, pengerjaan tugas dilakukan secara paralel sehingga saya juga tidak yakin hasilnya maksimal. Tapi menurut Pak Jen, mahasiswa harus kreatif dalam berkomunikasi. Pun di dalam membuat bahan presentasi. Saya jadi ingat saat membantu dosen di kampus saya yang mengatakan guru yang baik tidak akan memberi tahu jawaban atas sebuah persoalan, guru yang baik adalah memberi tahu bagaimana murid menemukan jawaban atas sebuah persoalan. (Good teacher will never give an answer of question, but he/she will give the clue how to get an answer). Nah, bulan ini memang banyak tugas membuat presentasi menggunakan MS Power Point, dan tugas tersebut juga harus terdapat film atau foto yang attach langsung di file. Banyak sarana untuk mencari film, salah satunya kita ambil di situs YouTube namun kita harus punya trik untuk bisa mendownload film yang diputar. Beberapa cara yaitu dengan menggunakan jasa pihak ketiga seperti ada di dalam situs di bawah ini :
Atau bisa juga menggunakan Add Ons di browser kita, sehingga setiap pemutaran film YouTube maka muncul otomatis pilihan mau download atau tidak. Nah saya menggunakan yang 1 karena ke dua situs yang saya sebut sebelumnya, ada yang sudah berbayar dan mengalami gangguan download berkali-kali.
    Link di bawah ini adalah untuk download aplikasi guna memutar file FLV hasil download-an YouTube.

    Download FLV Player - Gratis

    Namun file dengan ekstensi FLV tidak dapat diattach langsung ke Power Point, tapi harus dikonversi dulu menggunakan tool, dan yang gratis adalah bisa diambil di :

    Any Video Converter

    Semoga tulisan di atas sedikit memberikan pencerahan dan saya lagi bermimpi untuk bisa seperti beliau, mengajar untuk satu sesi dan dibayar puluhan juta. Wow ....

    No comments:

    Post a Comment