Monday, July 23, 2007

Thanks God, it's Monday .. akhirnya bekerja lagi, dan begitu buka blog, ada foto Kevin Nathanael Nugroho, anakku yang lucu yang baru berumur 20 hari ;-)
Hari ini jadual kerjaku : menerima tamu dari LIA sekalian nego training lanjutan buat staf yang pingin lancar bahasa Inggrisnya. Kemudian disain TNA (Training Need Analysis) buat staf hingga akhir tahun harus selesai bulan ini. Ini pekerjaan tertunda sejak 2 bulan lalu hehehehe... maklum, atasan saya minta saya disain TNA berdasar Performance Appraisal yang sudah terkumpul.
Saya jujur jadi bingung, nilai PA rata-rata di atas 100 karena kita dulu disain ada handicap (pengurang nilai jika bolos atau sering sakit) dan credit tambahan jika pernah kursus dan lain-lain yang sifatnya positif. Nah hello effect saat proses penilaian karyawan ini tinggi sekali.
Akhirnya saya sampaikan bahwa dengan nilai PA yang di atas 100, saya sebagai orang training jelas sulit mau ngusulin training apa lagi lha wong kinerjanya aja dinilai di atas 100 ???
Akhirnya saya minta anak buah saya agar bongkar semua Personnel File karyawan dan mendata semua kegiatan training yang pernah diikuti oleh staf. Dari situ saya akan tahu siapa yang sudah menjalani kegiatan pelatihan dan perlu pelatihan lanjutan seperti apa ?
Format saya buat dengan MS Excel meliputi nama karyawan, jabatan, spesifikasi jabatan sesuai Job Desc masing-masing, kualifikasi nyata dari si karyawan nilai PA dan pelatihan-pelatihan yang sudah diikuti.
Ya ini yang disebut Training Based on Competencies karena jujur aja di sini banyak staf perlu diberi pelatihan lanjutan agar memenuhi syarat minimal kompetensi. Gambarannya begini : mana ada sih Staf Keuangan tapi tidak pernah belajar masalah keuangan tapi dari jurusan STM ? Gitu aja kok repot ...

No comments:

Post a Comment